ANALISA
MANAJEMEN PERUSAHAAN LG di INDONESIA
Febira Amelia
Manajemen Informatika/Teknologi Informasi
febiramelia@gmail.com
ABSTRAK
Manajemen
adalah proses untuk mencapai tujuan organisasi, menjaga keseimbangan diantara
tujuan-tujuan yang bertentangan dan mencapai efisiensi dan efektivitas kerja
organisasi. Oraganisasi yang dimaksud meliputi
organisai profit (perusahaan /organisasi bisnis) maupun organisasi
non-profit (pemerintahan, lembaga sosial, organisasi kemasyarakatan). Oleh
karena sifatnya yang universal banyak orang yang merasa perlu mempelajari
manajemen. Masalah penelitian ini adalah bagaimana manajemen dari perusahaan LG
di Indonesia dan dampaknya. Manfaat
penilitian makalah ini yaitu memberikan informasi kepada pembaca tentang manajemen
suatu perusahaan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menggunakan
buku cetak dan internet sebagai referensi. Kesimpulan dari makalah ini yaitu
dalam manajemen perusahaan LG memiliki beberapa perencanaan yaitu kebijakan
produk, kebijakan harga, kebijakan distribusi dan kebijakan promosi dengan
perencanaan tersebut diharapkan mampu menjadikan LG di Indonesia sebagai
pemimpin digital yang terpercaya.
Kata kunci : Manajemen,
LG Elektronik Indonesia, Strategi Pemasaran LG
BAB 1
Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Manajemen adalah proses untuk mencapai
tujuan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan
pengendalian. Oleh karena itu manajemen digunakan disemua organisasi dalam
rangka mencapai tujuannya, baik organisasi profit (perusahaan /organisasi
bisnis) maupun organisasi non-profit (pemerintahan, lembaga sosial, organisasi
kemasyarakatan); disemua sektor : perbankan, manufaktur, pertambangan,
perdagangan, kesehatan, pariwisata, dan lain-lain yang ukurannya kecil, menengah maupun besar.
Oleh karena sifatnya yang sangat universal, maka banyak orang merasa perlu
mempelajari manajemen.
Selain
untuk mencapai tujuan manajemen juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan
diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Artinya manajemen dibutuhkan
untuk menjaga keseimbangan antara tujuan, sasaran dan kegiatan yang
bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dengan organisai, seperti :
pimpinan, pegawai, pelanggan, serikat kerja, masyarakat, pemerintah (pemerintah
daerah) dan lain-lain. Serta menajemen digunakan untuk mencapai efisiensi yaitu
kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan efektivitas yaitu
kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk
pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
Makalah ini membahas tentang
manajemen perusahaan LG di Indonesia serta dampak yang ditimbulkan oleh
perusahaan. Bagaimana perusahaan
menjalankan kegiatan perusahaan akan dibahas dalam makalah ini. Untuk mencapai
tujuan organisasi.
B.
Tujuan
Penulisan
1.
Mengetahui sejarah terbentuknya
perusahaan LG di Indonesia.
2.
Mengetahui manajemen dalam perusahaan LG
di Indonesia.
3.
Mengetahui dampak perusahaan terhadap
lingkungannya.
C.
Metode
Penulisan
Untuk memperoleh
data yang digunakan dalam jurnal ini, penulis menggunakan
metode studi pustaka, selain dengan menggunakan buku cetak sebagai referensi,
penulis juga melakukan studi pustaka dengan menggunakan media internet.
BAB II
Pembahasan
A.
Sejarah
Perusahaan
LG Electronics, Inc. didirikan pada
tahun 1985 sebagai pelopor di pasar elektronik di Korea. PT LG Electronics
Indonesia berdiri di Indonesia pada tahun 1990. PT. LG Electronics Indonesia
merupakan salah satu bagian dari LG Group yang didirikan di Korea pada tahun 1985.
Perusahaan yang bergerak dibidang elektronik ini pada awalnya merupakan kesepakatan
antara Goldstar Korea dengan Astra Indonesia untuk membentuk perusahaan
elektronik di Indonesia, yang bernama PT. Goldstar Astra Indonesia.
Pada awalnya PT LG Electronics
Indonesia menggunakan merek Goldstar untuk pasar domestik di Indonesia. Merek Goldstar
ini kemudian dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi pada
tahun 1996, PT. Goldstar Astra mengalami perubahan nama menjadi PT LG Astra
Electronics dan merek yang digunakan berubah menjadi LG yang merupakan
singkatan dari Lucky Goldstar.
Setelah berjalan selama dua tahun,
tepatnya pada tahun 1998 kepemilikan saham PT LG Astra Electronics mengalami
perubahan dengan dimilikinya seluruh saham Astra Indonesia oleh pihak LG Korea
dan menyebabkan perubahan nama menjadi PT LG Electronics Indonesia (LGEIN) yang
merupakan 100% perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA).
A. Visi
dan Misi LG Elektonik
Visi LG adalah mengembangkan
teknologi yang inovatif dan proses efisien yang menciptakan pasar baru,
memperkaya hidup semua orang dan terus menjadikan LG sebagai pemimpin digital
yang terpercaya.
Misi jelas mendukung langkah-langkah
untuk mewujudkan visi LG dengan mengembangkan ide-ide kreatif SDM yang dimiliki
oleh LG sehingga dengan memiliki SDM yang berkualitas dan kreatif akan
membuahkan ide-ide kreatif untuk inovasi produk dan memajukan perusahaan dengan
inovasinya sehingga bisa mewujudkan cita-citanya untuk menjadi salah satu dari
tiga perusahaan terbesar di Indonesia dalam bidang elektronik dan
telekomunikasi.
C. Perencanaan Strategi Pemasaran
Dalam melaksanakan kegiatan
pemasarannya, PT LG Electronics Indonesia menetapkan kebijakan pembauran
pemasaran yang merupakan program dan strategi yang sedang dijalankan yang dapat
dijelaskan sebagai berikut:
1.
Kebijakan Produk
PT. LG Electronics Indonesia memproduksi berbagai produk
teknologi. Produk-produk yang diproduksi pada subdivisi IT Product antara lain
:
• Monitor
• OSD (Optical Storage Device)
Untuk produk monitor terdapat bermacam-macam type yang
dipasarkan. Tetapi keseluruhannya dibagi dalam 3 jenis, yaitu conventional,
flatron, dan LCD. Untuk produk OSD juga terdapat bermacam-macam tipe.
Diantaranya adalah CD ROM, CD RW, DVD ROM, Combo, DVD RW Int, DVD RW (SATA) dan
DVD RW Eksternal.
2.
Kebijakan Harga
Perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor dalam
menentukan harga karena harga mempunyai hubungan yang erat dengan pendapatn
perusahaan. Adapun beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam penentuan
harga, antara lain :
1. Biaya (cost)
• Biaya produksi
• Biaya pemasaran
• Pajak yang dikenakan
2. Keuntungan yang diharapkan oleh
perusahaan
3. Harga produk-produk saingan
PT. LG Electronics Indonesia tidak menentukan harga jual ke
konsumen akhir. Perusahaan menentukan harga jual yang sama pada tiap Master
Dealer dan Dealer dimana harga untuk end user ditentukan sendiri oleh
masing-masing Dealer.
3.
Kebijakan Distribusi
PT. LG Electronics Indonesia mempunyai saluran distribusi
yang dapat dikelompokkan menjadi Master Dealer dan Dealer sehingga dapat
digolongkan ke dalam saluran distribusi dua tingkat (two level channel). Master
Dealer PT. LG Electronics Indonesia untuk produk IT, antara lain :
• Sempurna Computer (Jakarta)
• Aldo Computer (Jakarta)
• Trisentosa (Jakarta)
• PT. Into Sanho Technology (Medan)
Dealer PT. LG Electronics Indonesia untuk produk IT, antara
lain :
• Asiatech
• Expert Computer
• Bintang Raya
• D Com
• HJ
4.
Kebijakan Promosi
Promosi yang dilakukan oleh PT. LG Electronics Indonesia
ditujukan selain pada Master Dealer dan Dealer-nya juga ditujukan langsung ke
end user. Promosi yang ditujukan ke Master Dealer atau Dealer berupa discount
tambahan dan point yang dapat dikumpulkan untuk ditukarkan dengan berbagai
macam barang hadiah seperti sepeda motor, TV dan sebagainya. Sedangkan promosi
yang ditujukan untuk end user biasanya berupa voucher belanja Carefour. Promosi
yang dilakukan selain berguna untuk memikat ataupun mendorong Master Dealer
maupun Dealer untuk lebih banyak lagi menjual produk-produk perusahaan hingga
sampai end user, juga berguna untuk meningkatkan hubungan baik dengan para
Master Dealer maupun Dealer.
Beberapa strategi yang dapat diterapkan di dalam perusahaan
adalah sebagai berikut:
1.
Strategi penetrasi pasar
Strategi penetrasi pasar berusaha meningkatkan pangsa pasar untuk
produk saat ini melalui upaya pemasaran yang lebih besar. Misalnya dengan
meningkatkan jumlah tenaga penjual, meningkatkan promosi penjualan dengan cara
memberi potongan yang lebih besar atau memberi reward yang lebih untuk angka
penjualan tertentu atau meningkatkan usaha publisitas dengan cara promosi yang
lebih luas lagi. Karena dapat dilihat dari peluang yang ada dimana pasar saat
ini tidak jenuh dengan produk yang ada bahkan pasar mulai membutuhkan
produk-produk perusahaan. Selain itu tingkat penggunaan produk-produk
perusahaan saat ini dapat meningkat secara signifikan yang disebabkan oleh
kemajuan teknologi yang ada.
2.
Strategi pengembangan produk
Strategi pengembangan produk adalah strategi yang mencari
peningkatan penjualan dengan cara memperbaiki atau memodifikasi produk saat ini
maupun menghasilkan produk baru. Dilihat dari ancaman perusahaan yaitu banyaknya pendatang baru
dibidang yang sama, maka perusahaan harus mulai mencoba menghasilkan produk
baru yang dapat lebih menarik perhatian konsumen selain memodifikasi produk
yang ada sehingga variasi produk perusahaan menjadi lebih banyak lagi. Misalnya
dengan mulai memproduksi produk-produk IT lainnya seperti USB, Bluetooth, Card
Reades dan sebagainya.
A. Dampak Perusahaan
PT.
LG Elektronik Indonesia merupakan salah satu PMA (Perusahaan Modal Asing) asal
Korea yang memberikan contoh tata kelola korporasi yang buruk dalam pengelolaan
lingkungan dengan cara membuang limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang
berpotensi merusak lingkungan melalui mekanisme lelang yang tidak transparant
dimana pemenang lelang PT. LJA melakukang sub-kontrak pada PT.BRK dan PT. FT
adalah perusahaan yang tidak memiliki izin (pengumpul, pengelelola dan
pemanfaatan) limbah B3 dari Kementrian Lingkungan Hidup Indonesia. Ini artinya
melawan UU no.32/2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan
UU no.18/2008 tentang pengelolaan sampah.
Limbah
B3 tersebut dibuang sembarangan dan mencemari sungai di kabupaten Bekasi dan
kesehatan lingkungan masyarakat sekitar. Pemerintah daerah Kabupaten Bekasi
sudah memberikan teguran tapi perusahaan pemegang sub-kontrak tidak
meperdulikannya. Untuk menghindari dampak buruk bagi lingkungan dan masyarakat
maka petisi ini dibuat agar tercipta lingkungan kab. Bekasi yang lestari dan
pembangunan berkelanjutan terlaksana dengan baik.
BAB
III
Kesimpulan
PT.
LG Elektronik memilki tujuan yaitu untuk mengembangkan teknologi yang inovatif
dan efisien dan menjadikan LG sebagai pemimpin digital yang terpercaya.
Perusahaan LG juga memilkiki beberapa perencanaan strategi yaitu : kebijakan
produk, kebijakan harga, kebijakan distribusi dan kebijakan promosi.
Dampak
yang ditimbulkan oleh perusahaan yaitu merusak lingkungan karena pengelolaan
limbah yang buruk.
SUMBER :
0 komentar:
Posting Komentar