1. Sebutkan
dan jelaskan properti sistem yang memberikan keamanan untuk sebuah system !
Jawab :
Sebuah
system harus mempunyai tiga property (sifat), yaitu :
• Integritas, system akan mempunyai integritas bila ia berjalan menurut spesifikasinya. Perancang system berusaha untuk mengembangkan system yang mempunyai integritas fungsional, yaitu kemampuan untuk melanjutkan operasi, apabila salah satu atau lebih dari komponennya tidak berjalan.
• Audibilitas, ia akan bersifat audible jika ia memiliki visibilitas dan accountability (daya perhitungan). Bila system memiliki audibilitas maka mudah bagi seseorang untuk memeriksa, memverifikasi atau menunjukkan penampilannya.
• Daya kontrol, daya kontrol memungkinan manajer untuk menangani pengerahan atau penghambatan pengaruh terhadap system. Teknik yang efektif untuk mendapatkan daya kontrol system ini adalah dengan membagi system menjadi subsistem yang menangani transaksi secara terpisah
• Integritas, system akan mempunyai integritas bila ia berjalan menurut spesifikasinya. Perancang system berusaha untuk mengembangkan system yang mempunyai integritas fungsional, yaitu kemampuan untuk melanjutkan operasi, apabila salah satu atau lebih dari komponennya tidak berjalan.
• Audibilitas, ia akan bersifat audible jika ia memiliki visibilitas dan accountability (daya perhitungan). Bila system memiliki audibilitas maka mudah bagi seseorang untuk memeriksa, memverifikasi atau menunjukkan penampilannya.
• Daya kontrol, daya kontrol memungkinan manajer untuk menangani pengerahan atau penghambatan pengaruh terhadap system. Teknik yang efektif untuk mendapatkan daya kontrol system ini adalah dengan membagi system menjadi subsistem yang menangani transaksi secara terpisah
2. Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang
resiko keamanan yang lebih besar dari pada komputer yang ada dalam suatu
ruangan. Sebutkan dan jelaskan area kontrol untuk komunikasi data!
Jawab :
Komunikasi Data (Data
Communication)
Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang
risiko keamanan yang lebih besar dari pada komputer yang ada di dalam suatu
ruangan. Area kontrol ini terdiri dari :
·
Kontrol pengiriman pesan
·
Kontrol saluran (channel)
komunikasi
·
Kontrol penerimaan pesan
·
Rencana pengamanan
datacom secara menyeluruh
3. Prototype dapat
memberikan ide bagi pembuat dan pemakai potensial tentang cara sistem
berfungsi dalam bentuk lengkapnya, proses akan menghasilkan prototype (prototyping), sebutkan dan jelaskan jenis – jenis prototype!
berfungsi dalam bentuk lengkapnya, proses akan menghasilkan prototype (prototyping), sebutkan dan jelaskan jenis – jenis prototype!
Jawab
:
a). Jenis prototype I
Langkah-langkah pengembangan jenis prototype I adalah sebagai berikut:
Langkah-langkah pengembangan jenis prototype I adalah sebagai berikut:
· Mengidentifikasi kebutuhan user.
· Mengembangkan prototype.
· Menentukan apakah prototype dapat
diterima.
· Menggunakan prototype.
b). Jenis prototype II
Langkah-langkah pengembangan jenis prototype II adalah sebagai berikut:
· Mengadakan sistem operasional.
· Menguji sistem operasional.
· Menentukan jika sistem operasional
dapat diterima.
· Menggunakan sistem operasional.
4. Sebut dan Jelaskan sumber daya informasi perusahaan !
Jawab :
Macam-macam Sumber Daya Informasi :
a. HARDWARE (PERANGKAT KERAS) Hardware merupakan
element dari sistem computer. Merupakan perangkat yang dapat lihat dan dapat
sentuh secara fisik, seperti perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun
perangkat keluaran.
b. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK) Merupakan
sekumpulan perintah yang dijalankan (atau dieskusi) oleh komputer. Program
komputer ini terdiri dari susunan logika untuk menjalankan suatu pekerjaan
tertentu di komputer. Melibatkan berbagai komponen dalam computer, seperti
system operasi, program, dan data yang disimpan atau dibaca. Logika yang ada
dalam perangkat lunak tersebut disusun sedemikian rupa sehingga computer dapat
memahami dan menjalankan instruksi yang terkandung didalamnya.
c. SPESIALIS INFORMASI untuk mengambarkan pegawai perusahaan yang
sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara system berbasis
komputer.
d. PEMAKAI (MANUSIA) End user sinonim dengan pemakai, ia
menggunakan produk akhir suatu sistem berbasis komputer. Jadi, end-user
computing (EUC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis
komputer oleh para pemakai.
e. FASILITAS (MESIN) Fasilitas merupakan sumber daya untuk
menyimpan dan mendukung sisem informasi, contohnya teknologi informasi. Dengan
menggunakan fasilitas yang ada untuk menyimpan dan mendukung sumber daya
tersebut.
f. DATABASE adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan
satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat keras, serta
dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak. Pendefinisian basis data
meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau
informasi yang akan disimpan. Database merupakan salah satu komponen yang
penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi
pada para pengguna atau user.
g. INFORMASI Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih
berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Data adalah kenyataan yang
menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata. Atau data adalah
representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai,
mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dll, yang direkam
dalam bentuk angka, huruf, symbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.
5. Sebut
dan jelaskan 6 tahap dasar untuk mencapai manajemen mutu !
Jawab :
Tahapan
– tahapannya :
1. Mengidentifikasikan pelanggan IS
2. Menentukan kebutuhan kualitas
3. Menetapkan metrik kualitas
4. Menentukan strategi kualitas IS
5. Menerapkan program kualitas IS
6. Memantau kinerja kualitas IS
Sumber :
http://dhie202.blogspot.com/2014/01/sistem-informasi-manajemen-iv.html
0 komentar:
Posting Komentar